Beranda » Kesehatan » Tinggi Badan Perlahan Menyusut 5 Cm

Tinggi Badan Perlahan Menyusut 5 Cm

T Diposting oleh pada 25 September 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 6 kali

Bertambah tua merupakan hal alamiah yang dapat terjadi pada setiap orang. Selain terjadi perubahan signifikan terhadap fisik, organ-organ dalam tubuh mengalami penurunan fungsi, salah satunya terasa pada bagian tulang dan sendi. Sehingga terasa sulit untuk dapat bergerak dengan aktif dan bebas.

tambah usia, tambah tua, tinggi badan orang tua

“Penurunan fungsi organ tubuh tanpa disadari terjadi ketika di atas 30 tahun,” kata dr Muki Partono, SpOT dari Rumah Sakit Pondok Indah dalam diskusi bersama media di Jakarta, Selasa (7/3/2017) siang.

Dokter Muki bahkan menjelaskan bahwa penurunan fungsi pada tulang, seiring dengan bertambahnya umur, juga dapat menyebabkan berkurangnya tinggi badan sebanyak lima sampai enam cm.

Terjadinya penurunan tinggi badan saat lansia bisa disebabkan karena gangguan dalam tulang belakang terutama bagian bantalan. Tulang belakang merupakan tulang yang penting karena menopang beban tubuh. Dalam bagian tulang belakang terdapat bantalan tulang yang berfungsi untuk meredam tulang dari segala aktivitas yang dilakukan.

Namun, faktor usia dapat menurunkan fungsi bantalan tulang sehingga makin menipis karena jumlah cairan yang berkurang. Selain menipis, bantalan juga semakin pendek dan dapat mempengaruhi tinggi tulang.

Biasanya semakin tipis dan kerasnya bantalan, dapat menyebabkan bantalan menjadi menonjol dan menekan akar saraf yang menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini dinamakan dengan saraf kejepit atau Herniated Nucleus Pulposus (HNP).

“Orangtua biasanya berjalan membungkuk karena tidak lagi kuat menahan beban pada tulang belakang yang dapat memberikan rasa nyeri,” kata Muki.

Biasanya, munculnya penyakit HNP dapat menghantui orang-orang di usia 30 sampai 50. Upaya pencegahan yang dilakukan adalah dengan banyak minum cairan.

Menurut dr Muki, bantalan tulang yang terdiri dari air dapat juga mengalami dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan berkurangnya fungsi mekananik dalam bantalan.

“Minum air secara cukup tidak semata-mata hanya untuk kesehatan tetapi buat bantalan (tulang) juga bagus,” ujar dr Muki.

Asupan protein dari putih telur juga baik untuk menjaga kesehatan dalam bantalan tulang dan sendi.

Belum ada Komentar untuk Tinggi Badan Perlahan Menyusut 5 Cm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Tinggi Badan Perlahan Menyusut 5 Cm

bayi ditimbang, timbang bayi, bayi lahir, bobot bayi, timbang bayi, berat badan bayi, bayi tidak tumbuh optimal, berat badan rendah, pertumbuhan anak, terapi suntik hormon, bayi dengan berat badan rendah

Bayi Lahir dengan Bobot Rendah Beresiko Alami Tubuh Pendek

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Agar anak tumbuh optimal, nutrisi dan stimulasi harus diberikan dengan baik. Nah, nutrisi untuk anak hendaknya sudah diberikan sejak anak masih dalam kandungan. Ya, masa kehamilan seorang ibu menjadi masa krusial karena nutrisi diperlukan untuk perkembangan janin. Karena itu jika... Selengkapnya

Bahaya Sandal Sepatu High Heels,high heel efect, bahaya sepatu sandal tinggi,efek samping sepatu sandal tinggi

Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Wanita

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Banyak wanita mengaku menggunakan high heels agar terlihat modis dan gaya. Padahal, sebuah studi menunjukkan adanya bahaya yang disebabkan karena menggunakan high heels. Dikutip dari Ezine Articles sebuah studi di Australia menyebutkan adanya bahaya yang disebabkan karena menggunakan high heels.... Selengkapnya

kurang tinggi, tinggi badan tidak maksimal

Penyebab Tinggi Badan Tidak Tumbuh Maksimal

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Ada Banyak Faktor Yang Membuat Tinggi Badan Seseorang Itu Tidak Tumbuh Maksimal Diantaranya Karena Kebiasaan Buruk Sehari-Hari, Pola Hidup, Gizi Yang Buruk Dan Mempunyai Riwayat Penyakit Sehingga Menghambat Proses Pertambahan Tinggi Badan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan gangguan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai eLeMeN FORTALLER.

Marketplace Kami

Alamat Kami

Perum Situ Gede Indah Gang Pepaya Blok B no.48 Mangkubumi - Kota Tasikmalaya Jawa Barat 46181

Buka Setiap Hari Jam 08.00 s/d Jam 17.00 WIB, Hari Besar Tutup.

BCA 0384881111

Mandiri 1770009877777

BNI 8999666339

BRI 010001901363504

Semuanya atas nama Andhika Putra, SE

Peta Lokasi