Beranda » Kesehatan » Pengaruh Tinggi Badan Terhadap Kesehatan Tubuh Anda

Pengaruh Tinggi Badan Terhadap Kesehatan Tubuh Anda

T Diposting oleh pada 25 September 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 64 kali

Memiliki badan yang tinggi mungkin merupakan harapan sebagian besar orang. Badan yang tinggi bisa menambah rasa percaya diri, terutama pada kebanyakan orang Asia.

posisi jalan sehat

Namun menurut dr Eeric Truumees, dokter spesialis bedah ortopedi dari Austin, Texas, memiliki badan tinggi berpengaruh juga terhadap resiko penyakit dan masalah kesehatan. Dengan tinggi badan 203 cm, ia kerap terpentok ketika harus menggunakan kendaraan umum atau berada di ruang publik.
“Tentu saja orang-orang akan lebih mudah mengingatku. Namun aku juga sering terpentok dan semakin bertambahnya umur membuat responsku semakin lambat, yang menyebabkan kejadian ini semakin sering,” tutur dr Truumees.

dr Truumees pun menyebut setidaknya ada 6 pengaruh tinggi badan terhadap kesehatan tubuh seseorang. Apa saja? Dikutip dari Huffington Post, berikut 6 pengaruh tinggi badan terhadap kesehatan tubuh seseorang:

1. Umur
Penelitian menyebutkan semakin tinggi tubuh seseorang, semakin pendek umurnya. Tidak jelas kenapa hal ini bisa terjadi, namun Mary Schooling dari New York School of Public Health and Health Policy mengatakan ada beberapa gen yang mempengaruhi tinggi badan dan berhubungan langsung dengan umur.

2. Resiko kanker
Semakin tinggi badan seseorang, semakin banyak sel yang ada di tubuhnya. Dengan demikin, peluang sel mengalami mutasi abnormal yang berujung pada kanker juga semakin besar. Schooling mengatakan hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian, di mana orang yang tinggi lebih beresiko mengalami kanker payudara, ovarium dan prostat.

3. Jantung dan metabolisme
Penelitian membuktikan orang yang memiliki tubuh pendek lebih rentan mengalami serangan jantung dan penyakit metabolik seperti diabetes. Menurut Schooling, bisa jadi karena semakin tinggi badan seseorang, semakin besar dan kuat pula pembuluh darah mereka.

4. Cedera
Resiko lain memiliki badan tinggi adalah resiko cedera yang lebih besar. dr Truumees mengatakan ketika orang berbadan tinggi jatuh atau terbentur, cedera mereka juga lebih berat daripada yang dialami oleh rata-rata orang lainnya.

5. Sumbatan pembuluh darah
Studi menyebut orang dengan tinggi badan lebih dari 182 cm beresiko 2,6 kali lebih besar mengalami Vanus Thromboembolism, terutama di bagian kaki. Menurut dr Truumees, orang yang berbadan tinggi lebih sering melipat kaki ketika naik kendaraan, yang mengakibatkan penumpukan darah di pembuluh darah dan meningkatkan resiko sumbatan pembuluh darah.

6. Tulang dan sendi
Resiko paling fatal bagi orang dengan badan yang tinggi adalah tidak semua tempat kerja berukuran ideal. Akibatnya, mereka cenderung menunduk atau tidak duduk dengan posisi yang benar. Resiko penyakit serta gangguan tulang dan sendi pun meningkat seperti skoliosis dan radang sendi kronis.

Tags: ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Belum ada Komentar untuk Pengaruh Tinggi Badan Terhadap Kesehatan Tubuh Anda

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Pengaruh Tinggi Badan Terhadap Kesehatan Tubuh Anda

tumbuh tinggi, tambah tinggi, tumbuh tinggi ke atas, tambah tinggi ke atas, faktor penentu tumbuh tinggi, faktor penentu tambah tinggi, tinggi badan

Faktor Penentu Tumbuh Tinggi

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Faktor Genetik Adalah Selalu Yang Paling Utama Dalam Menentukan Seseorang Dapat Tumbuh Tinggi Atau Tidak, Walaupun Memang Tidak Dapat Selalu Menjadi Patokan. Bila Orang Tua Tinggi, Anak-Anaknya Pun Akan Cenderung Ikut Tinggi Juga Mengikuti Postur Ayah Dan Ibunya, Meski Ada... Selengkapnya

Orang Tinggi Dan Pendek Duduk Berdua

Orang Bertubuh Tinggi Minim Resiko Sakit Jantung, Namun Lebih Beresiko Sakit Kanker

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik yang diturunkan dari orang tua, asupan nutrisi dan stimulasi yang diperoleh sejak kecil. Sama seperti berat badan, tinggi badan juga bisa memegang peran dalam menentukan resiko-resiko penyakit tertentu. Studi menunjukkan... Selengkapnya

kurang tinggi, tinggi badan tidak maksimal

Penyebab Tinggi Badan Tidak Tumbuh Maksimal

T 25 September 2019 F A TinggiBadan.com

Ada Banyak Faktor Yang Membuat Tinggi Badan Seseorang Itu Tidak Tumbuh Maksimal Diantaranya Karena Kebiasaan Buruk Sehari-Hari, Pola Hidup, Gizi Yang Buruk Dan Mempunyai Riwayat Penyakit Sehingga Menghambat Proses Pertambahan Tinggi Badan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan gangguan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai eLeMeN FORTALLER.

Marketplace Kami

Alamat Kami

Perum Situ Gede Indah Gang Pepaya Blok B no.48 Mangkubumi - Kota Tasikmalaya Jawa Barat 46181

Buka Setiap Hari Jam 08.00 s/d Jam 17.00 WIB, Hari Besar Tutup.

BCA 0384881111

Mandiri 1770009877777

BNI 8999666339

BRI 010001091363504

Semuanya atas nama Andhika Putra, SE

Peta Lokasi